Rabu, 29 Desember 2010

PKB: Kiai NU Pindah Lagu Lama


Senin, 27 Desember 2010 - 14:58 wib

Taufik Hidayat - Okezone
Ilustrasi (Ist)
JAKARTA - Pindahnya sejumlah kiai Nahdlatul Ulama di Jawa Timur ramai-ramai hijrah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ditanggapi dingin elit Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Wakil Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Helmy Faishal Zaini menegaskan, pihaknya tidak terpengaruh oleh manuver-manuver sejumlah kiai PKNU yang diduga lari ke PPP.

Dalam keterangan persnya kepada okezone, Senin (27/12/2010), dia mengatakan manuver politik serupa pernah dialami menjelang Pemilu 2009. “Yang paling penting, kami terus melakukan konsolidasi ke bawah untuk memperkuat peran dan posisi PKB di masyarakat secara nyata,” kata Helmy.

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu mencontohkan, manuver politik saat Yenny Wahid melakukan kampanye untuk Partai Gerindra dan sejumlah kiai melarikan dukungannya ke PKNU. Akan tetapi, kata dia, manuver tersebut tidak berpengaruh pada suara pemilih di Pemilu 2009.

“Walaupun begitu, PKB pada Pemilu 2009 masih bisa bertahan di posisi 4,9 persen, dengan perolehan suara sebanyak 5,6 juta,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, pengurus teras di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) menyatakan bergabung dengan PPP. Mereka mendeklarasikan untuk bergabung di hadapan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur.

SDA menerima pernyataan tersebut didampingi sejumlah pengurus PPP antara lain Wakil Sekjen PPP Romahurmuzy.(ram)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar