Rabu, 29 Desember 2010

PKB Gus Dur Dukung PT 5%


Senin, 27 Desember 2010 - 14:51 wib

Amir Tejo - Okezone
Yenny Wahid (Foto: Koran SI)
SURABAYA - Selain menetapkan Yenny Wahid sebagai Ketua Umum PKB kubu Gus Dur, Muktamar III juga merekomendasikan pemberlakuan parliamentary threshold dan presidential threshold, masing-masing 5 persen. 

Meski partai besar seperti Demokrat mengusulkan hanya 4 persen untuk parliamentary threshold, namun Yenny yakin partainya bisa memenuhi batas perolehan suara 5 persen dalam pemiliahan umum 2014 mendatang.

“Kalau PKB Gus Dur sangat yakin bisa menjangkau itu,” kata Yenny seusai penutupan Muktamar PKB III di Surabaya, Senin (27/12/2010).

Desakan menetapkan 5 persen, kata dia, merupakan upaya untuk menyederhanakan parpol secara gradual. Jumlah parpol yang sederhana, lanjut dia, akan menciptakan efisiensi dalam politik.

Sementara presidential threshold 5 persen, tambah Yenny, sengaja diusulkan agar tidak terlalu tinggi. Tujuannya agar partai yang lolos parliamentary threshold juga bisa mengusulkan calon presiden sendiri.

“Semakin banyak calon presiden, berarti masyarakat semakin banyak mempunyai pilihan. Itu malah bagus,” jelas Yenny.

Namun dia membantah desakkan untuk menetapkan batas bawah suara untuk parlemen dan presiden itu dalam rangka untuk menjegal PKB kubu Muhaimmin Iskandar. “Kami tidak mempunyai kekuatan untuk mengalienasikan PKB Muhaimmin. Karena yang bisa melakukan itu hanya rakyat,” tegas Yenny.(ton)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar