Rabu, 29 Desember 2010

Muktamar PKB Gus Dur Akan Undang Cak Imin


Senin, 20 Desember 2010 - 00:02 wib

Nurul Arifin - Okezone
PKB
SURABAYA - Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu Gus Dur akan mengundang Muhaimin Iskandar (Cak Imim) yang tak lain ketua Umum PKB versi Ancol.

"Saya mengundang Mas Muhaimin Iskadar untuk hadir dalam muktamar, sekaligus meminta Mas Muhaminin untuk menunjukkan kenegaraannya," kata Zanubah Arifah Chofsoh atau Yenni Wahid, putri mendiang Gus Dur, kepada wartawan di ruang VIP Bandara Juanda sebelum melanjutkan perjalannya ke Jakarta, Minggu (19/12/2010) sore.

Putri deklarator PKB ini mengaku telah mendapat restu dari sejumlah kiai untuk menggelar Muktamar tersebut. Yenni memang beberapa hari berada di Jawa Timur melakukan kunjungan ke sejumlah pondok pesantren. Para kiai yang telah dimintai restu di antaranya KH Nawawi Sidiq, KH Chotib Umar, KH Mustofa Bisri, KH Huda Ploso dan KH Dimiyati Rois, serta beberapa kiai sepuh lainnya.

Istri Dhohir Farisi ini mengatakan, para kiai yang dikunjunginnya memiliki pandangan yang sama. Yakni didasari rasa kekhawatiran akan masa depan PKB. Kekhawatiran itu, adalah bagaimana PKB bisa bertahan dalam dunia perpolitikan nasional.  Terlebih lagi ada aturan terkait parlementary threashold sebanyak 5 persen. "Jika tidak segera dilakukan islah mustahil PKB bisa bertahan," cetus Yenni.

Ketika ditanya, lantas bagaimana bila kubu Muhaimin menolak untuk hadir. Dia berkata, "Saya tidak berandai-andai. Yang jelas Mas Muhaimin diharapkan hadir dalam Muktamar itu, karena ini adalah amanat mendiang Gus Dur untuk menggelar muktamar." Demikian pula ketika ditanya apa yang akan dilakukan apabila Muhaimin tetap tak hadir, apakah akan membentuk partai baru?  Yenni menegaskan, "Sekali lagi saya tak ingin berandai-andai."

Sebelumnya, Ketua Panitia Muktamar III PKB Gusdur Imron Rosyadi Hamid mengatakan Gus Dur dalam amanatnya pada Rapat Pleno DPP PKB 12 dan 24 November 2009 di Kalibata, Jakarta Selatan, menegaskan dan menetapkan bahwa Muktamar III diselenggarakan pada 2010. “Karena itu wasiat Gus Dur itu harus diwujudkan. Sehingga Muktamar III ini merupakan jawaban konkret sekaligus sebagai perjuangan nyata umtuk mengembalikan ruh perjuangan PKB dimaksud,” ujarnya.

Muktamar akan digelar pada 26 dan 27 Desember di GOR Cahaya Lestari, Surabaya. Imron mengklaim acara tersebut akan dihadiri puluhan ribu orang pro-PKB Gus Dur.(ram)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar