Rabu, 29 Desember 2010

PBNU Berharap Islah PKB Terwujud


Selasa, 21 Desember 2010 - 08:34 wib

Muhaimin Iskandar (Foto: Koran Sindo)
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berharap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) versi Muhaimin Iskandar dan PKB versi Zannuba Arifah Chafshoh atau Yenny Wahid dapat mewujudkan islah.

Menurut Sekretaris Jenderal PBNU Iqbal Sullam, kedua kubu serta Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) sebaiknya melupakan konflik yang telah membuat PKB terpecah belah.

“Jika semua kembali pada visi dan misi NU sebagai basis perjuangan umat yang mendasari berdirinya PKB, islah bisa terwujud menjadi kenyataan,” kata Iqbal di Jakarta, Senin (20/12/2010).

Sejauh ini, upaya menuju islah di PKB masih menemui jalan buntu. Alih-alih terjadi islah, pertentangan antara kubu Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan kubu Yenny Wahid justru kian mengemuka menjelang Muktamar III PKB kubu Yenny Wahid di Surabaya, 26-27 Desember mendatang.

Meski begitu, pintu islah belum tertutup rapat. Undangan Yenny kepada Cak Imin agar hadir dalam Muktamar III PKB di Surabaya sedikit membuka harapan. Terlebih Yenny berjanji akan menyerahkan tampuk pimpinan PKB jika Muhaimin bersedia mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP PKB.

“Saya berupaya islah ini komprehensif. Tidak ada menang dan kalah, tapi semata-mata demi kelanggengan partai,” tandasnya.
(muh sahlan/Koran SI/lam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar