Rabu, 29 Desember 2010

Konflik PKB Bikin Warga NU Tambah Bingung


Senin, 27 Desember 2010 - 12:23 wib

Nurul Arifin - Okezone
Yenny Wahid (Foto: Dok Okezone)
SURABAYA Konflik internal di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus berkepanjangan. Hal ini ikut disesalkan warga Nahdlatul Ulama (NU), yang nota bene ikut membesarkan partai bentukan KH Abdurrahman Wahid ini.

Ketua Tanfidz Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Mutawakkil Allalah, seharusnya konflik di tubuh PKB segera disudahi. "Saya yakin konflik bisa selesei dengan jalan duduk bersama. Kalau dilihat keduanya sama-sama sabar untuk berkonflik," kata Kiai Mutawakkil kepada okezone, Senin (27/12/2010).

Mutawakkil juga yakin, proses islah bisa difasilitasi oleh para Kiai. Sebab bagaimanapun kelahiran PKB adalah hasil buah pikiran para ulama. Semisal, tokoh-tokoh Nahdliyin meminta kepada Pengurus Besar Nahdotul Ulama (PBNU) untuk menjadi penengah.

Dia menilai, PKB pro Muhaimin secara legal memang telah diakui oleh pemerintah melalui Kemenkum HAM. Namun di lain pihak PKB pro Gus Dur juga banyak memperjuangkan nilai-nilai Gus Dur sebagai pendiri.

Mutawakkil prihatin, jika terus PKB terus berkonflik kecil kemungkinan partai ini akan lolos ambang batas perolehan suara di parlemen (Parlementary Threashold) yang diwacanakan segera dinaikan.

"Marilah berpikiran demi kebesaran PKB bukan mengedepankan ego masing-masing. Duduk bersama pihak-pihak yang berkonflik, meminta PBNU sebagai penengah, pasti selesei dan warga NU biar enggak tambah bingung," tandasnya.
(ded)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar